Studi Fisika Empat Mahasiswa Inggris Ungkap Kedahsyatan Bahtera Nabi Nuh

ilustrasi_kapal_nabi_nuh.jpg”Menurut naskah kuno, kapal Nabi Nuh as memiliki dimensi yang tepat, dengan panjang 300 hasta atau setara 137,1 meter, lebar 50 hasta atau 22,86 meter, dan tinggi 30 hasta atau 13,7 meter”

Kisah Nabi Nuh memang selalu mengundang daya tarik banyak pihak. Kisah tersebut bukan saja diceritakan di kitab suci umat Islam Al-Qur’an, melaikan juga diceritakan di kitab suci agama-agama samawi.

Bagi kalangan agamawan kisah Nabi Nuh bersama umatnya mengarungi banjir besar memang jadi pelajaran moral. Bagi kalangan insan film, kisah tersbut menjadi dianggap sebagai cara untuk mewujudkan karya besar.

Heboh film “Noah” yang kemudian memancing reaksi agamawan terus bergulir. Beberapa
negara termasuk di Indonesia melarang penayangan film yang dibintangi Russel Crowe
tersebut. Di Indonesia film “Noah” dianggap menyimpang dari beberapa ajaran agama. Namun bagi empat mahasiswa Fisika Universitas Leicester, Inggris, kisah kapal Nabi Nuh itu
sungguh membuat penasaran.

Mengutip berita dari news.viva.co.id yang dilansir dari Daily
Mail, Jumat 4 April 2014, Oliver Youle, Katie Raymer, Benjamin Jordan, dan Thomas Morris
melakukan penelitian struktur kapal Nabi Nuh. Berbekal keterangan naskah kuno pada
kitab Injil. Keempat mahasiswa itu mengkaji sisi fisika bahtera Nabi Nuh.

Menurut naskah kuno, kapal Nabi Nuh as memiliki dimensi yang tepat, dengan panjang 300 hasta atau setara 137,1 meter, lebar 50 hasta atau 22,86 meter, dan tinggi 30 hasta atau 13,7 meter.

Dimensi kapal itu didesain untuk bertahan dari terjangan banjir besar. Studi keempat mahasiswa tersebut membuktikan, ukuran yang disampaikan dalam kitab suci cukup cocok untuk mengarungi banjir. “Kami tak berpikir Alkitab menjadi sumber informasi yang akurat secara ilmiah. Jadi kami cukup terkejut saat kami berhasil. Kami tak membuktikan bahwa hal itu benar, tapi konsep itu (kapal Nabi Nuh) pasti akan berhasil,” kata Morris.

Kelompok mahasiswa itu mendasarkan perhitungan mereka pada sebuah buku, The Genesis Flood karya Dr Morris dan Dr Whitbomb. Buku itu menunjukkan bahwa bahtera Nuh mampu menyimpan sekitar 35 ribu spesies. Sementara
perhitungan empat mahasiswa
Universitas Leicester tersebut menyebutkan, kapal nabi Nuh bisa memuat 2,15 juta domba
tanpa tenggelam terseret banjir besar.

Dengan modal dimensi tersebut, menurut Morris cs, nyatanya daya apung kapal Nabi Nuh mendukung untuk bertahan dari terjangan banjir meski disesaki banyak binatang. Dengan demikian, dimensi kapal dalam kitab suci tepat alias memungkinkan Nabi Nuh dan umatnya untuk dapat mengapung bersama dengan semua binatang yang mereka bawa.

Temuan keempat mahasiswa itu telah dipaparkan dalam makalah untuk Jurnal Fisika Departemen Fisika dan Astronomi Universitas Leicester.[deleteisrael]

Sumber: http://satuislam.org/internasional/studi-fisika-empat-mahasiswa-inggris-ungkap-kedahsyatan-bahtera-nabi-nuh/

terkait: Misteri Seputar Perahu Nabi Nuh as Dan AhlulBayt Nabi saw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s