Bagaimana Revolusi Islam Iran Terjadi

terorisuria.jpg“Revolusi ini di picu oleh kebijakan-kebijakan Syah dibidang politik, ekonomi dan sosial-budaya lebih banyak merugikan dan membuat rakyat Iran menderita, inilah yang mendorong munculnya sikap protes yang berkembang menjadi gerakan penentangan terhadap Syah sampai meletusnya Revolusi”

Ini adalah hal yang berbeda, saya belum pernah menyaksikan ini sebelumnya melalui pengetahuan, ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa , Seorang tua yang mampu memanifestasikan isi batinnya menjadi kenyataan pada dunia realitas yang mempengaruhi dan mengagetkan seluruh bangsa di dunia, Suatu hal yang seperti mustahil di lakukan, oleh sebuah negara yang sedang berada di bawah cengkeraman kaki tangan Zionis Raksasa melalui Pahlevi, mengapa ini bisa terjadi?. Atau apakah ini ada hubungannya dengan teori “empat perjalanan Mullah Sadra?

Peristiwa revolusi Islam Iran tahun 1979 merupakan suatu peristiwa yang terbilang cukup monumental. Revolusi ini berhasil meruntuhkan monarki Iran dan menggantikannya dengan Republik Islam Iran. Meletusnya Revolusi ini di latarbelakangi oleh ketidakpuasan rakyat Iran terhadap situasi dan kondisi politik, ekonomi, dan social-budaya di Iran di bawah kekuasaan Syah Reza Pahlevi.

Hal ini di picu oleh kebijakan-kebijakan Syah dibidang politik, ekonomi dan sosial-budaya lebih banyak merugikan dan membuat rakyat Iran menderita, inilah yang mendorong munculnya sikap protes yang berkembang menjadi gerakan penentangan terhadap Syah sampai meletusnya Revolusi.

Semangat yang melandasi revolusi Iran bersumber pada semangat ke-agamaan madzab Syiah. Ada beberapa aspek dalam ajaran-ajaran keagamaan Syiah yang menjadi katalisator bagi meletusnya revolusi Iran . Ajaran-ajaran tentang kesyahidan, ketaatan kepada Imam atau konsep imamah merupakan ajaran-ajaran keagamaan Syiah yang memiliki dimensi politik keagamaan sekaligus bersifat revolusioner. Ajaran-ajaran keagamaan inilah yang mampu membangkitkan atmosfir revolusioner di Iran sampai meletusnya revolusi Iran pada tahun 1979.

Revolusi Iran (juga dikenal dengan sebutan Revolusi Islam, (baca disini: http: // http://www.iranchamber. com/history/ islamic_revoluti on/ islamic_revoluti on.php). merupakan revolusi yang mengubah Iran dari Monarki,(baca disini: http: // id.wikipedia.org /wiki/Monarki) di bawah Shah Mohammad Reza Pahlavi (baca disini: http: //id. wikipedia.org /wiki/Mohammad_Reza_Pahlavi), menjadi Republik Islam ( baca disini: http: //id. wikipedia.org /wiki/ Republik_Islam) yang dipimpin oleh Ayatullah Agung Ruhollah Khomeini (baca disini: http: // id. wikipedia.org /wiki/ Ruhollah_Khomeini) , pemimpin revolusi dan pendiri dari Republik Islam. ( baca disini: http: // www. britannica.c om/EBchecked/ topic/291225/ 20th-century-int ernational-rela tions) Sering disebut pula “revolusi besar ketiga dalam sejarah,” setelah Perancis dan Revolusi Bolshevik.

Walaupun beberapa orang berpendapat bahwa revolusi masih berlangsung, rentang-waktu terjadinya revolusi terjadi pada Januari 1978 dengan demonstrasi besar pertama, dan ditutup dengan disetujuinya konstitusi teokrasi baru – dimana Imam Khomeini menjadi Pemimpin Tertinggi negara – pada Desember 1979.

Sebelumnya, Mohammad Reza Pahlavi meninggalkanIran dan menjalani pengasingan pada Januari 1979 setelah pemogokan dan demonstrasi melumpuhkan negara, dan pada 1 Februari 1979 Ayatullah Khomeini kembali ke Teheran yang disambut oleh jutaan rakyat Iran.

Kejatuhan terakhir Dinasti Pahlavi segera terjadi setelah 1 Februari dimana Angkatan Bersenjata Iran menyatakan dirinya netral setelah gerilyawan dan pasukan pemberontak mengalahkan tentara yang loyal kepada Shah dalam pertempuran jalanan.

Iran secara resmi menjadi Republik Islam pada 1 April 1979 ketika sebagian besar Bangsa Iran menyetujuinya melalui referendum nasional.(CW)

[deleteisrael]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s