Demi Tegaknya Khilafah Boko Haram Culik 276 Anak Perempuan di Nigeria

terorisnigeria.jpg“Saya menculik para gadis anda,” kata pemimpin kelompok itu, Abubakar Shekau, dalam rekaman video berdurasi 57 menit yang diperoleh AFP, mengacu pada 276 siswi yang diculik tiga pekan lalu dari kompleks sekolah mereka di Chibok, Negara Bagian Borno, Nigeria.

“Demi Allah saya akan menjual mereka di pasar dan Allah sudah memerintahkan saya untuk menjual mereka di pasar,” lanjut dia, yang terlihat mengenakan pakaian tempur dan bersenjata senapan AK47.

“Sebanyak 53 siswi berhasil melarikan diri dari tangan kelompok penculik itu, tetapi 223 lainya masih ditahan,” jelas polisi pada Jumat pekan lalu.
Presiden Nigeria Goodluck Jonathan terus didesak untuk bertindak sejak para pria bersenjata menyerbu sekolah putri itu pada 14 April 2014 lalu, dan memaksa mereka keluar dari kompleks itu serta naik ke truk-truk dan membawa mereka memasuki daerah hutan.

Dalam komentar-komentar publik pertamanya mengenai penculikan itu pada Ahad petang, Jonathan berjanji pemerintah akan mencari para siswi itu dan pulang ke rumah mereka masing-masing untuk berkumpul dengan para keluarga.

“Ini adalah saat yang berat bagi negara ini. Menyakitkan,” kata dia. Jonathan menjelaskan dia telah meminta bantuan internasional dalam mengatasi tantangan-tantangan keamanan di negaranya.

Beberapa jam sebelum para siswi itu diculik, Ibu Kota Abuja dihantam serangan-serangan dan menimbulkan korban jiwa. Ledakan bom mobil terjadi di pinggiran kota itu, yang menewaskan 75 orang, juga diklaim dilakukan oleh Boko Haram kelompok Islam garis keras yang berafiliasi dengan Teroris alQaeda.

Dalam sebuah rekaman video terbaru Shekau, yang telihat mengenakan seragam tempur, berdiri di depan sebuah kendaraan lapis baja pengangkut pasukan dan dua truk yang dilengkapi dengan senapan-senapan mesin. Enam pria bersenjata berdiri disampingnya dengan muka tertutup.

“Saya menculik seorang gadis di sekolah pendidikan Barat dan Anda gelisah. Saya mengatakan agar khilafah Islam berdiri maka pendidikan Barat harus dihentikan. Para gadis, Anda harus berhenti sekolah dan segera menikah,” kata Shekau, yang berbicara dalam bahasa lokal Hausa dan Arab, serta Inggris.

“Saya mengulangi kembali ini: Agar khilafah Islam tegak maka Pendidikan Barat harus tutup. Saya menculik anak-anak Anda. Saya akan menjual mereka di pasar, demi Allah,” ucap Shekau. Dia juga menambahkan bahwa kelompoknya akan menahan para siswi itu sebagai “budak-budak”.

“Saya akan mengawinkan seorang gadis dalam usia sembilan tahun,” ujar dia dalam rekaman video itu.

Laporan-laporan yang tidak dikonfirmsikan dari para pemimpin lokal di Chibok mengatakan para siswi itu telah dibawa ke perbatasan-perbatasan Nigeria ke Chad dan Kamerun, dan menjual mereka untuk dijadikan istri dengan harga sedikitnya Rp 138 ribu.

Perhatian internasional mengenai nasib para siswi yang diculik itu semula lambat tetapi terus meningkat dalam beberapa hari belakangan ini, yang sebagian karena beritamedia sosial dengan tanda pagar #bringbackourgirls.

[deleteisrael]

Sumber: AFP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s