Homs Dikuasai Pemerintah, Ribuan Warga Suriah Kembali ke Rumah


Prajurit-prajurit pemerintah dan kelompok milisi bersenjata pro-pemerintah Assad disebar ke berbagai penjuru kota. Penarikan teroris dukungan asing dari Homs mengakhiri pertempuran sengit selama dua tahun terakhir di kota terbesar ketiga di Suriah itu dan menjadi salah satu kemenangan besar untuk Presiden Bashar Al-Assad. Dan bagi teroris Suriah, kekalahan itu merupakan pukulan telak.

Ribuan warga Homs kembali ke rumah-rumah mereka setelah pasukan rezim Suriah menguasai kota itu, lansir koresponden AFP dikutip Aljazeera.

Para warga yang terpaksa kehilangan tempat tinggal akibat perang yang berkecamuk, memanjat reruntuhan dan memeriksa puing-puing rumah mereka Jumat (9/5/2014) kemarin.
“Saya melihat di Facebook kalau rumah saya telah hancur, tapi saya tidak percaya,” kata Jaqueline Fawwas seorang wanita berusia 30an tahun kepada AFP. “Saya ingin melihatnya dengan mata kepala sendiri.”

Seorang wanita lain yang enggan menyebutkan identitasnya berkata, “Saya datang ke sini untuk memeriksa rumah saya, tapi saya tidak dapat menemukannya. Saya tidak menemukan atapnya, saya tidak menemukan temboknya. Saya hanya menemukan cangkir kopi ini, yang akan saya ambil sebagai cinderamata.”
Penduduk Homs diperbolehkan kembali ke rumah-rumah mereka sebagai bagian dari kesepakatan antara pemerintah dengan pasukan oposisi, yang juga menjadi jaminan bagi pasukan perlawanan keluar dari kota yang kini dikuasai tentara Bashar Al-Assad itu.

Lebih dari 1.700 teroris dukungan asing telah meninggalkan Homs sejak hari Rabu lalu berdasarkan kesepakatan itu.

Hari Jumat kemarin buldozer-buldozer terlihat membersihkan jalan-jalan di distrik kota yang merupakan salah satu wilayah terpenting di Suriah itu.
Gubernur Homs Talal Al-Barazi mengatakan, tim teknis dikerahkan untuk menyisir distrik-distrik di kota kuno tersebut, termasuk daerah Hamidiyeh yang merupakan bekas benteng pertahanan pasukan teroris dukungan asing guna mencari sisa-sisa ranjau dan bahan peledak lainnya.

Stasiun televisi pemerintah Suriah mengabarkan dua orang personel militer tewas saat sedang menjinakkan sebuah bom.

Laporan reporter Associated Press di Homs menyebutkan, prajurit-prajurit pemerintah dan kelompok milisi bersenjata pro-pemerintah Assad disebar ke berbagai penjuru kota.

Penarikan teroris dukungan asing dari Homs mengakhiri pertempuran sengit selama dua tahun terakhir di kota terbesar ketiga di Suriah itu dan menjadi salah satu kemenangan besar untuk Presiden Bashar Al-Assad.

Bagi teroris Suriah, kekalahan itu merupakan pukulan telak.

Sekarang pasukan oposisi hanya bertahan di sebuah distrik di luar Homs, kota yang dijuluki sebagai ibukota perlawanan revolusi melawan pemerintah Assad.

Sekarang pasukan oposisi hanya bertahan di sebuah distrik di luar Homs, kota yang dijuluki sebagai ibukota perlawanan revolusi melawan pemerintah Assad.



Warga kawasan al-Hamdeya berjalan kaki memasuki wilayah kediamannya yang telah ditinggalkan akibat pertempuran antara pasukan setia Presiden Bashar al-Assad dan pemberontak di kota Homs, Suriah.


Ribuan warga Suriah hari Sabtu (10/5) berjalan memasuki kota Homs, di bagian tengah negeri itu, untuk pertama kali dalam hampir dua tahun. Mereka memeriksa rumah mereka setelah pemberontak keluar dari kota itu sebagai bagian dari perjanjian membiarkan mereka keluar dengan selamat sebelum pasukan pemerintah menguasai kota tersebut.

Lelaki dan perempuan menyebar di tengah reruntuhan yang berserakan di jalan-jalan dan gedung-gedung yang setengah runtuh. Banyak dari mereka kemudian muncul membawa pakaian serta barang milik mereka.
Para pengungsi menuduh pemberontak telah menjarah rumah mereka.[deleteisrael]

Sumber: Associated Press

Video terkait:
Warga kota Homs bersuka cita menyambut kemenangan tentara Suriah setelah berhasil mengusir teroris wahabi takfiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s