ICW Sebut Empat Kelompok Terlibat Korupsi Haji

sda.jpg“dukung KPK untuk menelusuri aliran dana yang melibatkan Menteri Agama Suryadharma Ali dan pejabat lain di Kementerian Agama”

Indonesia Corruption Watch (ICW), Ade Irawan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut pihak-pihak yang diduga terlibat korupsi dalam pengelolaan dana haji tahun 2012-2013.

“KPK tidak boleh berhenti hanya pada Menteri Agama (Suryadharma Ali) saja,” kata Ade Irawan saat dihubungi Jurnal Nasional, Jumat (23/5), menanangapi penetapan Suryadharma Ali sebagai tersangka oleh KPK.

Menurut Ade Irawan, ada empat pihak atau kelompok yang diduga terlibat dalam korupsi dana haji. Yaitu Suryadharma Ali selaku Menteri Agama yang telah ditetapkan sebagai tersangka, sejumlah pejabat di Kementerian Agama, anggota DPR khususnya Komisi VIII DPR, dan rekanan Kementerian Agama baik di dalam maupun di luar negeri.

“KPK harus memeriksa semua pihak yang diduga terlibat korupsi di Kementerian Agama,” tegas Ade Irawan.
Ade mengusulkan agar kedepan perlu menghilangkan kewenangan Kementerian Agama untuk mengelola ibadah haji. Ia berpandangan bahwa pengelolaan ibadah haji sebaiknya ditangani oleh sebuah badan khusus yang bersifat independen.

“Perlu membentuk badan yang khusus menangani pelaksanaan ibadah haji yang terpisah dari Kementerian Agama,” kata Ade Irawan.
Senada dengan Ade Irawan, Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, Irman Gusman mengusulkan perlunya membentuk badan khusus yang fokus menangani pelaksanaan ibadah haji di Indonesia.

Sementara itu,Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Indonesia, Satya Arinanto mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dapat mengganti Menteri Agama Suryadharma Ali karena sudah ditetapkan sebagai tersangka. KPK menetapkan Suryadharma Ali sebagai tersangka karena diduga terlibat korupsi pengelolaan dana haji tahun 2012-2013.

“Siapapun yang akan menjadi Menteri Agama nanti, hanya melanjutkan program yang sudah ada,” kata Satya Arinanto.

Satya juga mendukung KPK untuk menelusuri aliran dana yang melibatkan Menteri Agama Suryadharma Ali dan pejabat lain di Kementerian Agama.[deleteisrael]

Sumber: http://www.jurnas.com/news/135781/ICW-Sebut-Empat-Kelompok-Terlibat-Korupsi-Haji-2014/1/Nasional/Politik-Keamanan

foto terkait:

daftar nama koruptor dana haji 2012-2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s