Hamas Siap Serahkan Pemerintahan Gaza ke Pemerintahan Persatuan

hamas_fatah.jpg“Pada tanggal 23 April, Hamas dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang meliputi Fatah, berjanji untuk menyelesaikan perbedaan mereka dan membentuk pemerintah persatuan”

Gerakan Muqawama Islam Palestina (Hamas) menyatakan siap menyerahkan pemerintahan di Jalur Gaza untuk pemerintah persatuan Palestina.
Hal itu diumumkan dalam sebuah pernyataan kabinet Hamas yang dikeluarkan pada Selasa (27/5).

Kesiapan tersebut menandakan bahwa dua kelompok politik utama Palestina: Hamas dan Fatah telah lebih dekat untuk mencapai kesepakatan persatuan nasional

.
Menurut pernyataan itu, Wakil Perdana Menteri Hamas Ziad al-Zaza mengatakan bahwa pemerintah siap untuk menyerahkan tanggung jawab penuh kepada pemerintah persatuan.

Kabinet Hamas juga menyatakan bahwa pihaknya telah mengadakan pertemuan mingguan ke-343 dan sekaligus final pada Selasa (26/5).

Sementara itu, Azzam al-Ahmed, seorang utusan dari Fatah, setelah pembicaraan di Gaza dengan para pejabat Hamas mengatakan bahwa dua kelompok telah menyelesaikan konsultasi pada pemerintah konsensus nasional.

Pada tanggal 23 April, Hamas dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang meliputi Fatah, berjanji untuk menyelesaikan perbedaan mereka dan membentuk pemerintah persatuan.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Hamas dan Fatah akan membentuk pemerintah persatuan dalam lima minggu dan mengadakan pemilihan nasional enam bulan kemudian.[deleteisrael]

Sumber: (IRIB Indonesia/RA)

terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s