Iran Berjanji Akan Lindungi Tempat Suci Syiah di Irak

rouhani.jpg“Kami umumkan kepada kelompok teroris bahwa bangsa Iran yang besar tidak akan ragu melindungi tempat suci di Irak,” tutur Presiden Iran Hassan Rouhani”

Iran bertekad akan melindungi sejumlah tempat suci  yang ada di Irak. Upaya ini dilakukan meski harus berperang melawan para militan Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL).

“Kami umumkan kepada kelompok teroris bahwa bangsa Iran yang besar tidak akan ragu melindungi tempat suci di Irak,” tutur Presiden Iran Hassan Rouhani.

Rouhani mengatakan saat ini, sejumlah masyarakat Iran sudah mendaftarkan diri sebagai relawan. Mereka berencana akan pergi ke Irak untuk membantu pemerintah Iran melindungi sejumlah tempat-tempat yang disucikan.

Sejumlah masyarakat dari golongan Syiah, Sunni dan Kurdi yang ada di Irak juga menyatakan siap berkorban untuk melawan para militan ISIL.

Sebelumnya para pemimpin barat mencurigai Iran terlibat dalam krisis keamanan yang muncul di Irak. Namun pada Sabtu 18 Juni 2014 Rouhani membantah tuduhan tersebut. Dirinya mengatakan bahwa Iran tidak pernah mengirim pasukan Garda Revolusinya ke Irak.

Situasi keamanan Irak semakin tidak menentu sejak militan ISIL merebut kota Mosul dan Tikrit. Baru-baru ini sebuah kilang minyak terbesar di Irak juga menjadi sasaran serangan dari kelompok militan ISIL.

Rouhani pada Sabtu pekan lalu berjanji untuk membantu pemerintahan Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki jika meminta bantuan, meski pada saat itu tidak ada permintaan seperti itu, seperti dilaporkan stasiun televisi Al Arabiya, hari ini.

Dalam pidatonya kemarin, Rouhani menyebutkan petisi yang ditandatangani oleh warga Iran yang menyatakan mereka bersedia untuk berperang di Irak demi menghancurkan para teroris dan melindungi tempat-tempat suci, yang dikunjungi oleh ratusan ribu peziarah Iran setiap tahunnya.
[deleteisrael]

Sumber: Asia One

terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s