ISIS Bantai 322 Orang Suku Sunni di Irak

karikatur-isis.jpg“Adalah tidak lazim bagi militan ISIS, yang menyebut diri mereka sebagai Negara Islam, membunuh perempuan dan anak-anak. Namun Al-Gaoud mengatakan, “Kami tidak terkejut dengan tindakan mereka. Para pemimpin agama mereka telah memberi mereka perintah untuk membunuh semua anggota suku kami”

Tikrit – Ekstremis ISIS berbaris dan menembak mati setidaknya 50 suku Sunni dan perempuan di provinsi Anbar Irak. Pembunuhan massal merupakam tindakan terbaru yang dilakukan oleh kelompok tersebut.

Penembakan terjadi Jumat malam di desa Ras al-Maa, sebelah utara ibukota provinsi Ramadi, kata Anbar dewan Faleh al-Issawi.

Militan menuduh pria dan wanita dari suku Al Bu Nimr membalas ISIS setelah mengungsi dari rumah mereka ketika kelompok ISIS telah merebut kota Anbar bulan lalu, kata al-Issawi.

“Pembunuhan ini berlangsung hampir setiap hari sekarang di daerah di bawah kendali kelompok Negara Islam dan mereka akan terus melakukannya kecuali kelompok teroris ini dihentikan,” kata al-Issawi.

Seorang pejabat di kantor gubernur Anbar mengkonfirmasikan jumlah korban tewas. Dia berbicara dengan syarat anonim karena ia tidak berwenang untuk menyampaikannya kepada wartawan. Pada hari Kamis, pihak berwenang telah menemukan mayat berjumlah 48 dari suku Sunni yang dibunuh oleh kelompok ISIS di Anbar.

ISIS telah menguasai sebagian besar provinsi Anbar dalam mendorong untuk memperluas wilayahnya. Saat ini wilayahnya berdiri di sekitar sepertiga dari Irak dan Suriah. Para pejabat pemerintah Irak serta para pejabat dengan koalisi yang dipimpin AS berulang kali telah mengatakan bahwa suku-suku Irak merupakan kunci dalam memerangi kelompok ISIS.

Sementara Sabtu, misi PBB di Baghdad mengatakan bahwa setidaknya 1.273 warga Irak tewas dalam kekerasan pada bulan Oktober, sedikit peningkatan dibandingkan bulan lalu di tengah serangan kelompok ISIS.

Laporan PBB mengatakan kekerasan menewaskan 856 warga sipil dan 417 anggota pasukan keamanan Irak, sementara serangan terluka 2010 orang Irak. Kota paling parah adalah Baghdad dengan jumlah 379 warga sipil yang tewas. Angka-angka PBB tidak memperhitungkan sebab-akibat di provinsi Anbar atau beberapa bagian yang dipegang militan ISIS selain lain Irak.

PBB mengatakan jumlah korban tewas bulan September adalah 1,119 warga Irak tewas. Adalah tidak lazim bagi militan ISIS, yang menyebut diri mereka sebagai Negara Islam, membunuh perempuan dan anak-anak.

Namun Al-Gaoud mengatakan, “Kami tidak terkejut dengan tindakan mereka. Para pemimpin agama mereka telah memberi mereka perintah untuk membunuh semua anggota suku kami dan mengambil segala sesuatu yang kami miliki karena kami berperang melawan ISIS.”

Dia mengatakan, sembilan orang anak dan enam perempuan tewas dalam serangan pada Sabtu itu.

“Hal ini, sekali lagi, membuktikan bahwa (ISIS) tidak mewakili apa pun kecuali ideologi menyesatkan.

Suku Albu Nimr, yang jumlah anggotanya mencapai puluhan ribu orang, siap bertempur untuk mengambil kembali kota Hit, kata Al-Gaoud pada hari Sabtu. Kota itu dikuasai ISIS bulan lalu setelah ISIS berminggu-minggu bertempur melawan suku tersebut.

Hit dan kota tetangga Ramadi merupakan rintangan bagi ISIS di Provinsi Anbar yang didominasi Sunni.

setelah kelompok itu menyerbu dari Suriah dan mengambil alih kota-kota di provinsi itu.
Anggota suku Albu Nimr termasuk di antara para pihak yang melawan ISIS hingga suku itu mulai kehabisan senjata dan perlengkapan. Al-Gaoud mengatakan, sebuah serangan akan terjadi dalam waktu “dekat”. Ia menambahkan, “kami mendapatkan dukungan yang kami butuhkan.” Hal itu tampaknya merujuk pada dukungan dari pemerintah pusat Irak.

Sebuah laporan Brookings Institution tahun 2004 menyatakan bahwa, walau sebagian besar suku-suku Sunni Irak setia kepada Saddam Hussein pada hari-hari diktator itu menguasai negara tersebut, suku Albu Nimr telah melakukan sebuah protes terhadap mantan orang kuat Irak itu tahun 1995 setelah eksekusi terhadap seorang anggotanya yang terkenal.

Protes itu diredam oleh pasukan militer yang setia kepada Saddam. Namun, secara umum Saddam respek terhadap suku Albu Nimr.[Deleteisrael]

Sumber: http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/11/isis-bantai-322-orang-suku-sunni-di-irak on Twitter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s