Militan ISIS Penyerang Museum Tunisia Berlatih di Libya

tunisia_museum.jpg“Pemerintah Tunisia menyatakan 3.000 warga Tunisia pergi ke Irak, Suriah, dan Libya untuk bergabung dengan barisan jihad. Akibatnya, muncul kekhawatiran mereka akan kembali membuat kekacauan di negara tersebut”

Darurat ISIS – Pemerintah Tunisia mengatakan dua orang bersenjata yang menewaskan 21 turis asing di Museum Nasional Bardo dilatih di sebuah kamp di Libya.

“Mereka meninggalkan Tunisia secara ilegal pada Desember lalu untuk berangkat ke Libya, dan mereka berlatih menggunakan senjata di sana,” kata Menteri Luar Negeri Tunisia untuk Urusan Keamanan Rafik Chelly kepada televisi Tunisia yang dilansir Channel News Asia pada Sabtu, 21 Maret 2015.

Chelly menyebutkan nama-nama lokasi kamp pelatihan di Libya yang diduga digunakan warga Tunisia. Di antaranya berada di Kota Benghazi dan Derna.

Pemerintah Tunisia menyatakan 3.000 warga Tunisia pergi ke Irak, Suriah, dan Libya untuk bergabung dengan barisan jihad. Akibatnya, muncul kekhawatiran mereka akan kembali membuat kekacauan di negara tersebut.

Militan ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap turis asing di Museum Nasional Bardo(Seperti yang mereka lakukan terhadap perpustakan Mosul). Serangan tersebut adalah yang paling mematikan sejak revolusi Tunisia 2011 yang memicu Arab Spring.

ISIS, yang beranggotakan ratusan warga Tunisia, mengancam akan melakukan serangan yang lebih brutal. Ancaman tersebut disampaikan dalam pesan audio yang mengklaim pembantaian di Museum Nasional Bardo adalah perbuatan mereka.

Pihak Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi menuturkan pasukan keamanan menangkap sembilan tersangka penyerangan Museum Nasional Bardo. “Empat orang langsung terkait dengan operasi (teroris) dan lima dicurigai memiliki hubungan dengan sel teroris ISIS,” ujar pernyataan dari kantor Beji.[Deleteisrael]

Sumber: http://m.tempo.co/read/news/2015/03/21/119651733/Militan-ISIS-Penyerang-Museum-Tunisia-Berlatih-di-Lybia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s